Cara Mengatasi Stress dengan Yoga

Yoga

Eliminate Stress with Yoga

Stres adalah satu hal yang pasti dialami oleh setiap orang. Menurut Weinberg & Gould dalam buku “Foundations of Sport and Exercise Psychology” (2003:81) stres didefinisikan sebagai adanya ketidakseimbangan atau kegagalan pada individu dalam memenuhi kebutuhannya baik jasmani maupun rohani. Meski demikian, tidak semua situasi yang tidak seimbang berdampak stres pada setiap orang. Semua sangat bergantung pada bagaimana tingkat toleransi, kepekaan dan kemampuan mengatasi stimulus stres sehingga tidak akan berdampak buruk pada kondisi emosi, jiwa dan juga kesehatannya.

Dampak stres

Stres dapat berarti tegang, baik dalam artian fisik maupun jiwa. Ketegangan dapat muncul dalam keadaan harfiah maupun tidak nyata (halusinasi atau pikiran). Stres pada ambang tertentu justru diperlukan untuk membuat seseorang siaga (alert). Namun stres yang berlebihan bisa menjadi berbahaya, karena rasa khawatir, tidak puas dan tekanan besar dalam hidup, dapat memunculkan perasaan tidak bahagia, cemas, bahkan depresi. 

Tidak hanya kondisi kejiwaan yang tertekan, hal ini pun dapat berakibat pada masalah kesehatan serius karena hormon stres menganggu daya tahan tubuh. Efek jangka panjangnya dapat memicu penyakit seperti kanker, hipertensi, masalah jantung-pembuluh darah, osteoporosis, insomnia, dan sebagainya. Lebih jauh lagi, stres yang tidak teratasi dengan baik menghasilkan aura negatif yang dapat menular pada orang terdekat Anda seperti anak, suami/ istri, sahabat dan lingkungan sosial Anda.

Atasi stres dengan yoga

Faktanya stres dapat diatasi dengan pengelolaan yang tepat. Kemampuan mengatasinya akan terbentuk seiring proses pembelajaran/manajemen stres dan penyesuaian gaya hidup sehat. Kebalikan dari situasi stres adalah relaks. Inilah kondisi tubuh maupun mental yang berada dalam kondisi damai, nyaman, tidak takut dan khawatir. 

Anda dapat mewujudkan situasi relaks yang mudah dengan melakukan latihan-latihan yoga. Pada prinsipnya, yoga dapat dilakukan di manapun dan kapan pun. Gerakan yoga praktis bisa membantu Anda menjadi lebih relaks dan mampu mengatasi atau meredam tekanan akibat stres agar dapat menikmati hidup dengan nyaman dan penuh kebahagiaan.

Manfaat relaksasi dengan yoga :

• Otot menjadi lebih lemas ketika diregangkan, terasa seperti dipijat.

• Lubrikasi pada sendi meningkat sehingga gerak sendi lebih berkualitas.

• Saat relaks kondisi pernafasan perlahan, mendalam dan teratur.

• Gerakan dan peregangan membantu melancarkan sirkulasi darah serta membantu menormalkan tekanan darah dan detak jantung.

• Gelombang otak ikut melambat sehingga memberi efek relaksasi

• Aktivitas sistem saraf simpatetis menurun, yang berarti Anda dalam kondisi kebalikan dari orang yang tengah stres.

Jenis-jenis Yoga

Ada beragam jenis metode yoga dan diperkirakan terdapat 280 jenis yang merupakan gabungan beberapa gaya atau ciptaan baru seorang guru. Bagi pemula tentu ini membingungkan untuk menemukan metode yang tepat dan paling cocok untuk Anda. Inilah jenis yoga di antaranya : 

1.  Inyengar yoga

Bagi pemula metode ini terasa lebih mudah dilakukan karena banyak menggunakan alat bantu untuk menyelaraskan pose-pose yoga. Menitikberatkan kepada keselarasan, praktik yoga ini pada kelas yang lebih tinggi fokus kepada penemuan jati diri dan kesadaran spiritual.

2.  Ashtanga yoga

Ashtanga yoga bersifat aerobic dengan fokus pada pikiran, postur dan berlanjut pada gerakan menantang yang diakhiri meditasi. Peserta yoga akan melakukan pose-pose yang sesuai dengan kondisi masing-masing.

3.  Anti gravity yoga

Umumnya yoga dilakukan di atas matras, pada yoga antigravitasi pose dilakukan dengan cara berayun di atas kain khusus yang menggantung (hammock). Meski terbilang aman, namun tidak semua orang disarankan untuk melakukannya seperti penderita glukoma, ibu hamil, hipertensi dan pasca operasi.

4.  Bikram yoga

Bikram Yoga merupakan metode yang sangat menantang. Pasalnya, yoga ini dilakukan di dalam ruangan dengan suhu panas ruang sekitar 400C. Praktik yoga berlangsung untuk jangka waktu 90 menit dengan melakukan 26 posisi. Metode ini mampu memperbaiki kualitas tidur dan mengeluarkan racun melalui keringat.

5.  Yoga fit

Yoga fit mudah ditemui di klub kebugaran karena memang berfokus pada tubuh dan kesehatannya. Mudah dilakukan oleh semua orang karena menggabungkan beberapa gerakan fitness seperti sit up atau push up dan modifikasi lainnya.

6.  Acro yoga

Acro yoga biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih. Hal ini disebabkan gerakan yang dilakukan banyak mengandung unsur acrobatic. Pose-pose yoga yang dilakukan bersama pasangan ini tidak hanya melatih kekuatan fisik tetapi juga menjaga keseimbangan pikiran.

Yukk Ikut Kelas Yoga bersama Summarecon Serpong! IT’S FREE!!!

Jadwal yoga di:

TSC (khusus member):

Senin: jam 19.00 - 20.00 WIB

Rabu: jam 08.00 - 09.00 WIB

Sabtu: jam 09.15 - 10.15 WIB.

SQP:

Minggu: jam 07.00 – selesai.

*Artikel ini disadur dari Summarecon Serpong Magazine Volume 5.