News & Update

Realisasikan Mimpimu, Intip Peluang Bisnis Kuliner 2022 Ini

26 May 2022

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya. Tingginya gaya hidup “serba praktis” yang ada di masyarakat kita menjadi salah satu faktornya. Apalagi kini kita mulai memasuki masa post-pandemic, membuat bisnis ini berpotensi tinggi untuk bangkit gemilang seiring dengan keinginan banyak orang untuk kembali bersosialisasi seperti dahulu lagi.

Menurut Ketua Bidang Pelatihan Bisnis Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (Apkulindo) Pusat Giri Buana, penerapan digital seperti online food delivery pada bisnis kuliner wajib untuk dilakukan. Akan tetapi, potensi pasar dine in bukan berarti diabaikan, khususnya setelah memasuki masa post-pandemic.

Untuk itu, bagi Anda yang punya keinginan untuk mencoba bisnis bidang kuliner, ini adalah momen tepat untuk merealisasikannya. Coba mulai dengan mengemas konsepnya secara kreatif lewat beberapa referensi ide di bawah ini

Kopi Kekinian

Bisnis coffee shop belakangan ini memang sedang naik daun di Indonesia. Jumlah coffee shop dalam negeri meningkat tajam yaitu sekitar 1.000 kedai pada 2016 menjadi 3.000 kedai pada 2019, meningkat tiga kali lipat dalam tiga tahun.

Di tahun 2022 ini, perkembangan industri kopi diprediksi masih akan terus berlanjut bahkan meningkat. Di tahun ini kopi diprediksi akan semakin digital. Digitalisasi pada Coffee Shop diterapkan dalam wujud menu digital, pembayaran digital melalui QR Code hingga layanan online food delivery yang bertujuan untuk meminimalisir kontak fisik ditengah pandemi. Co Founder Anomali Coffee, Irvan Helmi, menjelaskan bahwa selain memberikan rasa aman, digitalisasi ini juga akan memudahkan pelanggan, sehingga mereka menjadi tertarik untuk datang.

Selain itu, karena di tahun 2022 kita masih merasakan efek dari pandemi Covid-19, pelanggan tampaknya akan lebih memilih area cafe terbuka atau outdoor agar lebih aman dengan sirkulasi udara yang lebih baik.

Konsep mixology dalam menu kopi juga akan menjadi trend. Mixology merupakan teknik peracikan minuman dengan berbagai bahan untuk menghasilkan sebuah minuman yang lezat dan segar.

Eco Friendly

Data terbaru KLHK pada tahun 2020 menunjukkan bahwa produksi sampah di Indonesia sudah mencapai 185.753 ton per hari. Permasalahan lingkungan ini menjadi salah satu faktor yang menjadikan bisnis eco friendly memiliki prospek yang baik kedepannya.

Anda bisa coba membangun sebuah tempat makan atau coffee shop dengan konsep eco friendly, misalnya menggunakan interior daur ulang, memakai gelas dan piring ramah lingkungan dan lain sebagainya.

Dengan begitu, bisnis kuliner Anda akan memiliki nilai lebih di mata konsumen karena dapat menjadi solusi atas permasalahan lingkungan yang sedang terjadi.

Warteg Modern

Anda pasti sudah tidak asing dengan “warteg” alias warung tegal. Tempat makan jenis ini sangat kondang di tengah masyarakat. Nah, belakangan ini bermunculan warteg yang naik kelas, alias tampil unik dengan desain lebih  modern.

Anda bisa mencoba konsep kekinian ini untuk menarik konsumen yang ingin makan dengan menu seperti di warteg namun tetap bisa mendapatkan tempat nyaman dan sejuk.

Restoran Vegetarian

Sejak pandemi Covid-19, pergeseran pola makanan plant-based meningkat. Tercatat jumlah orang yang lebih giat membeli sayur dan buah kini telah mencapai 62%, dan layanan pesan antar makanan sehat juga telah meningkat sebanyak 7,4%.

Adanya tren gaya hidup flexitarian (pola makan yang menambah porsi makanan berbasis nabati dan mengurangi porsi protein hewani) dapat menjadi kesempatan Anda untuk mencoba bisnis kuliner vegetarian. Khususnya bila target market Anda adalah kalangan young millennials dan Generasi Z yang sedang gencar menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan. 

Konsep bisnis kuliner apapun, mulai dari kopi kekinian hingga resto vegetarian sangat cocok Anda terapkan di “Melody 2 Commercial”. Karena ruko ini dekat dengan Universitas Multimedia Nusantara dan Universitas Pradita. Bahkan diantara 1000+ rumah  yang telah dibangun di sekitarnya, terdapat sebuah Cluster bernama Alloggio yang didominasi oleh usaha rumah kost. Menjadi semakin spesial lagi karena ruko ini memiliki deck yang langsung bersinggungan dengan Danau Melody. Orderan online maupun dine in jadi laris manis di sini.

Mulai dari Rp 2,6 M dengan dua pilihan ukuran yaitu 5x16 dan 5x20, Anda sudah bisa ciptakan peluang sukses gemilang untuk bisnis kuliner di masa depan. Jangan tunda suksesmu, mulai langkahnya dengan menghubungi Sales Marketing kami di Whatsapp 0811 140 9008. Cek juga detailnya pada website www.summarecoserpong.com