Tetap Produktif Walau Work From Home (WFH)

Tetap Produktif Walau WFH

Setelah ditetapkannya status pandemi untuk virus COVID-19 oleh WHO, serta untuk mendukung Pemerintah dalam upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan mengurangi kegiatan masyarakat di luar rumah, maka diberlakukan program Bekerja, Belajar dan Beribadah dari rumah. Untuk Anda yang biasa bekerja di kantor kini harus menjalani Work From Home.

Nah, agar produktivitas Anda tetap terjaga walau sedang bekerja di rumah, coba ikuti beberapa tips berikut :

1. Selesaikan Tugas yang Tertunda

Manfaatkan waktu yang lebih fleksible dengan menyelesaikan pekerjaan yang tertunda dengan lebih terstruktur. Mungkin ketika bekerja di kantor, Anda kekurangan waktu untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan, sudah saatnya Anda menyelesaikannya karena waktu yang tersedia lebih fleksibel.

2. Manfaatkan Teknologi

Untuk memfasilitasi pertemuan dengan rekan kerja, manfaatkan teknologi terkini untuk melakukan conference call seperti Zoom dan Video Call aplikasi Whatsapp. Karena sangat penting untuk tetap meng-update informasi pekerjaan dengan rekan kerja.

3. Siapkan Laporan Harian

Dengan bekerja di rumah, Anda perlu mempersiapkan laporan harian sehingga pekerjaan dapat dicatat dengan seksama, dapat menggunakan fitur seperti Google Drive (Cloud) yang dapat diakses beberapa orang.

4. Siapkan Program Kerja

Dengan bekerja di rumah, tidak menghambat kreativitas untuk menciptkan program kerja terbaru. Ayo asah pikiran untuk menghasilkan ide berupa program baru.

5.  Ciptakan Ruang Kerja Nyaman

Walau bekerja di rumah, pastikan ruang bekerja tetap tenang dan nyaman agar tercipta suasana kondusif dalam bekerja, pilih ruang dengan pencahayaan maksimal dan suhu udara sejuk.

6. Jaga Komunikasi

Bekerja di rumah memberikan hambatan fisik, sehingga sangat penting untuk menjaga komunikasi tetap lancar dengan memanfaatkan telepon selular dengan maksimal, pastikan selalu merespon setiap chat dan telepon ya.

7. Buat To Do List sesuai Skala Prioritas

Siapkan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan dan tentukan skala prioritasnya, sehingga Anda dapat bekerja dengan maksimal.

8. Tentukan Waktu Bekerja Dengan Bertanggung Jawab

Walau bekerja di rumah, ciptakan mood bekerja layaknya bekerja di kantor, gunakan pakaian kerja, bekerja dengan jam kerja biasa sehingga Anda bekerja dengan lebih bertanggung jawab.

Pastikan Anda beristirahat dan tidak lupa makan saat waktunya tiba, tetap jaga kesehatan agar ketika kembali bekerja kita senantiasa prima.