Perbedaan Social Distancing dan Self Isolation

Perbedaan Social Distancing dan Self Isolation

Sering mendengar istilah social distanding, pahamkah Anda makna sebenarnya? Setelah persebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia semakin luas, WHO mengumumkan kondisi ini masuk ke dalam tahap pandemi global yang artinya kondisi terjadinya wabah suatu penyakit yang menyerang banyak orang dan terjadi dalam waktu bersamaan di berbagai negara.

Hal ini juga berdampak kepada bidang kesehatan khususnya rumah sakit karena dengan adanya wabah COVID-19 ini, terjadi darurat internasional sehingga setiap rumah sakit hingga klinik di seluruh dunia dihimbau agar dapat mempersiapkan diri menangani pasien tersebut dengan segala indikasi yang dideteksi.

Setelah memahami kondisi tersebut, Pemerintah akhirnya menghimbau agar setiap lapisan masyarakat menjalankan social distancing untuk membantu memutus penyebaran virus tersebut.

Social distancing sendiri berarti tindakan dengan memberi jarak atau menghindari keramaian atau menghindari kontak dalam jarak dekat dengan orang lain. Atau dijelaskan oleh Center for Disease Control (CDC), social distancing merupakan tindakan menjauhi perkumpulan orang dalam jumlah besar, menghindari pertemuan massal dan menjaga jarak antar manusia. Kini, social distancing berkembang menjadi physical distancing. Apa ya artinya?

Physical Distancing dikeluarkan oleh WHO sebagai antisipasi perbedaan persepsi masyarakat. Diartikan sebagai menjaga jarak aman fisik dengan orang lain, namun tetap dekat secara sosial.

Setelah memahami istilah tersebut, pemerintah juga turut menghimbau untuk melakukan self isolation. Berbeda kah penerapannya dengan social atau physical distancing?

Pahami dengan benar bahwa ada perbedaan besar atas istilah-istilah tersebut. Self isolation dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus dari kita kepada orang-orang disekitar kita. Ini dilakukan oleh orang-orang yang merasa memiliki gejala virus tersebut. Tindakan pencegahannya perlu dicermati karena potensi penyebarannya lebih besar dibanding social distancing.

Dalam self isolation dianjurkan untuk menjaga jarak dengan keluarga yang tinggal satu rumah, mengisolasi diri dalam satu ruangan, menghindari penggunaan peralatan makan hingga mandi yang sama. Setelah digunakan, segera dicuci dengan sabun hingga bersih.

Untuk warga Summarecon Serpong, untuk pencegahan Penularan COVID-19, Customer Service kami hanya melayani via Telepon di 021 - 5376 050 ext. 121, 122, 127, 133.

Sumber : berbagai artikel