Menjaga Rumah tetap Sehat dan Hemat Selama Pandemi COVID-19

Seiring dengan bertambahnya kasus COVID-19 pemerintah semakin mengumandangkan perintah untuk #DirumahAja. Memang tidak mudah, kini kita “diajak” untuk tetap produktif dengan menghabiskan waktu di rumah. Dalam masa ini pula, kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi Anda dan keluarga. Tak hanya itu, pandemi ini juga berdampak pada ekonomi, dua hal ini harus menjadi fokus utama kita. Oleh karenanya, tetap sehat dan berhemat merupakan dua hal utama bagi masyarakat di seluruh dunia di momen saat ini.

Dengan banyaknya waktu di rumah yang dimiliki, berikut lima hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga rumah tetap sehat, dan juga menghemat energi listrik dan keuangan Anda. 

Membersihkan Air Conditioner (AC) 

Tahukan Anda kebersihan AC juga berpengaruh lho pada penggunaan listrik. Faktanya, jika AC tidak rutin dibersihkan, maka kotoran, debu bahkan jamur dan bakteri yang menumpuk misalnya di bagian seperti ventilasi atau filter akan membuat AC bekerja tidak optimal. Hal inilah yang membuat penggunaan listriknya menjadi lebih boros. Membersihkan AC bisa dimulai dengan mencabut semua sumber listrik, kemudian bersihkan penutup AC, dilanjutkan dengan filter AC, dan terakhir bersihkan epilator, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian outdoor AC. 

Mengganti lampu bohlam dengan LED

Lampu LED memiliki banyak sekali kelebihan. Pertama lampu LED sangat ramah lingkungan karena tidak mengandung merkuri dan sinar UV yang berbahaya bagi mata manusia. Selanjutnya lampu LED terbukti lebih hemat energi, sinar dari 3,5 watt LED setara dengan lampu 50 watt. Tentunya akan mengurangi penggunaan listrik Anda. Tak hanya itu, daya tahan lampu LED juga mencapai 50 ribu jam atau 30 kali lebih lama dari lampu biasa.

Mengatur penggunaan alat rumah tangga

Tanpa disadari seringkali kita meninggalkan peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, dish washer, dan peralatan lainnya tersambung ke listrik saat tidak digunakan. Padahal hal ini sangat berdampak buruk bagi lingkungan. Mulailah mencabut peralatan yang sedang tidak digunakan. Kita juga tinggal di negara tropis yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga, seperti tidak perlu mengeringkan baju di mesin cuci, bisa langsung di jemur di bawah paparan sinar matahari. Dengan mengatur hal tersebit akan menjaga lingkungan sekaligus menghemat pengeluaran.

Membuka jendela untuk sirkulasi udara

Ketika banyak orang bekerja dari rumah tentunya polusi udara akan lebih sedikit dibanding biasanya. Karena itu, kualitas udara akan lebih baik pula. Buka jendela Anda dan biarkan rumah Anda “bernapas”. Tentunya, tetap perhatikan waktu yang tepat untuk membuka jendela seperti di pagi hari agar udara masih segar. Tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga baik secara fisik maupun emosional.

Menjemur matras, bantal, dan selimut.

Sinar dari matahari sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri dan virus, oleh karena itu manfaatkan hal ini untuk menjemur matras, bantal dan selimut untuk memastikan perlengkapan di rumah Anda aman. Anda juga dapat memanfaatkan sinar matahari untuk berjemur, hal ini sangat baik untuk menjaga imun Anda dan keluarga.

Pastikan Anda selalu menjaga kesehatan dan menjaga pengeluaran selama masa pandemi ini. Selalu gunakan masker dan antiseptik setiap di luar ruangan. 

Summarecon Serpong for Better Living, Better Future in A Truly Livable City.