5 Menu Takjil Selama Berpuasa Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Tentunya puasa kali ini akan sedikit berbeda karena kondisi pandemi yang menuntut kita harus dapat menjaga sistem imun tubuh tetap maksimal agar terhindar dari paparan virus corona. Berikut 5 menu takjil yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan imun tubuh.

  1. Teh Hijau
    Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut polifenol, berguna dalam melawan infeksi virus dan penyakit lainnya.Sebuah penelitian dari Oregon State University menyatakan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sisitem kekebalan tubuh.Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam amino L-Theanine yang dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel T.
  2. Pisang
    Buah satu ini kaya akan vitamin B6 yang mampu membantu sistem kekebalan tubuh, membentuk sel darah merah, membantu metabolisme protein hingga memastikan sistem saraf berfungsi dengan baik.
  3. Singkong
    Kaya akan karbohidrat, jenis panganan ini dapat diolah menjadi beragam menu makanan, dan ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan.
  4. Jus Jeruk
    Siapa yang tidak tahu kalau jeruk menjadi buah yang kaya akan vitamin C, menjadi primadona dalam kondisi saat ini karena mampu meningkatkan imunitas tubuh. Dikutip dari WebMD, vitamin C dalam buah jeruk dapat menyembuhkan batuk secata alami dan melegakan tenggorokan. Bahkan antibakteri dan antioksidan dalam jeruk efektif untuk meningkatkan sistem imun.
  5. Kurma
    Menu andalan selama bulan puasa ini ternyata kaya manfaat bagi kesehatan. Salah satu senyawa aktif dalam kurma yaitu tanin, sejenis antioksidan polifenol yang mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Jadi, pastikan Anda memiliki 5 menu tersebut saat menjalankan ibadah puasa ya. Selamat berpuasa.

Sumber : Grid.ID