Universitas Multimedia Nusantara Luncurkan Tower 3

Universitas Multimedia Nusantara Luncurkan Tower 3

Gedung Tower 3 UMN sejak awal dirancang hemat energi, dengan konsep environment friendly para mahasiswa pun akan lebih peduli terhadap masalah lingkungan.

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang memasuki usia 16 tahun telah meraih akreditasi institusi A (unggul) kembali mendirikan gedung hemat energi, yaitu Tower 3. Bangunan 19 lantai berbentuk oval setinggi 80 meter ini diresmikan penutupan atapnya (topping off) pada Jumat (27/1) lalu di kampus UMN Gading Serpong, Tangerang.

Penerapan efisiensi energi, salah satunya adalah penggunaan facadekulit berlapis ganda (double skin) untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan. Ruangan pun menjadi cukup dingin dan terang tanpa menghambur energi.

Selain itu, di beberapa lokasi terdapat taman atap (roof garden) yang membuat lingkungan di Tower 3 menjadi lebih asri dan udara lebih sejuk. “Gedung ini juga memiliki banyak cerobong udara yang memanfaatkan perbedaan tekanan udara sehingga basement tidak lagi memerlukan exhaust fan,” papar Direktur Media Land, Thomas Sigit. Dengan itu semua Tower 3 diperkirakan bisa menghemat penggunaan daya listrik hingga 50-60 persen.

Gedung ini juga menerapkankonsep daur ulang pengolahan limbah, pemanfaatan air hujan, dan sistem resapan untuk menghemat penggunaan air tanah atau air PAM.

Fasilitas Lebih untuk Mahasiswa

Tower 3 juga merupakan bentuk komitmen UMN dalam mengembangkan pendidikan. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai fasilitas pendidikan untuk para mahasiswanya dalam menimba ilmu. Di antaranya adalah ruang kelas Lecture Theatre dengan kapasitas lebih dari 500 mahasiswa, laboratorium untuk Program Studi Teknik Informatika, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Arsitektur, Strategic Communication, Film & Televisi, Manajemen Perhotelan, Akuntansi dan Desain Komunikasi Visual.

Ada juga fasilitas olahraga dalam ruang seperti basket, futsal, dan badminton yang terletak di lantai teratas. Fasilitas ini untuk mengakomodasi para mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang non-akademik sekaligus untuk menunjang keseimbangan aktivitas mahasiswa. “Diharapkan, sarana olahraga indoor ini dapat membuat mahasiswa giat berlatih agar lebih banyak prestasi yang diraih,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik  UMN, Hira Media.

Sementara itu, Rektor UMN, Ninok Leksono mengutarakan impiannya untuk menjadikan UMN sebagai tempat belajar bagi 20 ribu mahasiswa di tahun 2030 nanti. Kini telah disediakan berbagai fasilitas lebih. “Selain menekuni bidang- bidang utama, kami mengakomodasi munculnya bidang-bidang baru,” kata Ninok. Misalnya, telah tersedia satulantai khusus untuk D3 Perhotelan yang didesain seperti hotel sesungguhnya, seperti kamar-kamar dan restoran. “Ini untuk dimanfaatkan sebagai sarana belajar praktik bagi mahasiswa Perhotelan. Bahkan restoran di sini ‘hidup’, kita bisa makan minum,” ujar Ninok.

Penghargaan gedung hemat energi :

2013:New Media Tower milik UMN mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama Gedung Hemat Energi pada Penghargaan Efisiensi Energi Nasional.

2014:Di ASEAN Energy Award 2014 gedung ini mendapatkan penghargaan Energy Efficient Building kategori Tropical Building.

* Artikel ini sebelumnya telah dipublikasikan di Summarecon Serpong Magazine Volumen 6 tahun 2017.